facebook40 twitter40 google40 pinteres40 youtube40 instagram40

Pengembangan Karya Kulit Pada Produk Seni Tatah Sungging

Seni
Typography

Oleh: Supriyanta Tyas Purnomo, Proses penciptaan sebuah karya melalui beberapa tahap antara lain identifikasi masalah  yaitu bagaimana penerapan kulit perkamen yang dipadukan dengan kulit tersamak dengan motif pahatan wayang purwa pada produk kap lampu, bahan pokok, bahan penunjang yang digunakan serta proses kerja yang dilaksanakan. Di samping hal tersebut menginvetarisasi data dengan  mencari data-data yang diperlukan.

Proses pembuatan kria kulit ini menggunakan berbagai keteknikan kerajinan kulit, dalam proses perwujudan meliputi dua tahap yaitu : pertama tahapan persiapan bahan dan alat yang akan digunakan, kedua pembuatan karya artinya tahapan yang dilaksanakan dalam proses kerja secara keseluruhan yaitu : a) Pembuatan sket, b) Pembuatan gambar kerja, c) pembuatan kerangka d) menatah dan menyungging, e)Pembuatan pola, f) Pemotongan kulit sesuai pola, g) Penyesetan kulit, h) Penjahitan dan perakitan, i) Penyelesaikan akhir.

Materi lengkap dapat diunduh pada tautan berikut: Pengembangan Karya Kulit Pada Produk Seni Tatah Sungging - Supriyanta Tyas Purnomo

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS